Indonesia Heritage Museum Malang, Wisata Edukasi

Indonesia Heritage Museum Malang. Masih banyak yang belum tahu keberadaan museum yang satu ini. Sempat dikenal dengan nama Museum D’Topeng, Indonesia Heritage Museum merupakan satu dari beberapa museum yang ada di Indonesia yang mengoleksi barang-barang seni yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia dan barang-barang sejarah lainnya. Perubahan nama dari Museum D’Topeng menjadi Indonesia Heritage Museum ini dilakukan karena barang yang dikoleksi mulai melebar tidak hanya topeng saja. Artefak-artefak yang ada mulai dari Sabang sampai Merauke juga mulai dikumpulkan.

Wisata Edukasi Indonesia Heritage Museum Malang 

Koleksi yang ada di Indonesia Museum Heritage ini ada mulai dari ribuan topeng. Senjata tradisional, hingga alat-alat antik yang tentu saja setiap barang memiliki kisah yang asik untuk diceritakan kepada generasi penerus bangsa agar kenal dan tidak lupa dengan budayanya. Tidak hanya itu terdapat juga miniatur candi yang tidak bisa dibilang kecil. Selain itu Indonesia Heritage Museum Malang  juga mengoleksi kain jari batik. Kain batik yang digunakan serdadu untuk dijadikan alat perang di zaman penjajahan VOC.

Indonesia Heritage Museum Malang mengajak wisatawan untuk belajar, mengagumi, dan menghargai setiap kekayaan sejarah Nusantara. Meski museum dikenal dengan mengoleksi barang-barang lama, Indonesia Heritage Museum berusaha mengikuti perkembangan zaman. Salah satu prakteknya adalah dengan menggunakan teknologi AR atau Augmented Reality.

Augmented Reality sendiri merupakan teknologi yang berhubungan dengan dunia nyata dimana terjadi penggabungan benda maya yang merupakan dua dimensi dengan dunia nyata yang tiga dimensi secara interaktif dalam waktu nyata. Bagi pengunjung yang ingin mencoba teknologi ini pun sangat mudah. Cukup dengan mengunduh aplikasi Indonesia Heritage Museum Malang AR di App store atau Play Store lalu scan barcode ke gambar berlogo khusus dan kamu bisa langsung menikmati tampilan 4 dimensi.

Baca Juga : Eco Green Park Malang, Solusi Liburan Keluarga

Bangunan yang berdiri di tanah seluas 1000 meter persegi ini merupakan wahana baru yang ada di Jatim Park 1. Diketahui memiliki 2000 lebih benda koleksi yang berasal mulai dari Zaman Majapahit, Mataram Islam, hingga benda-benda dari tahun 1800 an. Sebelum berada di Jatim Park 1 Batu, Museum yang dulunya bernama D’Topeng Kingdom ini berada di Bali. Baru pada tahun 2014 pindah.

Buat kamu yang ingin belajar mengenai sejarah Indonesia melalui peninggalan-peninggalannya. Datang saja ke alamat Jalan Kartika nomor 2, Sisir, Kota Batu. Buka setiap hari mulai pukul 08.30 – 16.00 WIB.

Wisata Terpopuler
Layanan Tirta Jaya Travel

Travel

Paket Wisata

Paket Kilat

Rental Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *